Senin, 01 November 2010

Roronoa Zoro

Riwayat

Cita-cita Zoro adalah menjadi pendekar pedang terkuat di dunia yang menjadi cita-cita Kuina juga, sahabat semasa kecilnya yang sudah meninggal

Masa lalu


Zoro kecil adalah seorang murid dari perguruan kendo milik ayah Kuina, Koushiro. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang, dan sangat terlatih dia bahkan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis sang guru. Zoro dikalahkan Kuina sampai 1000 kali, sampai pada akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding dengan pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah lagi dan menangis. Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah disaat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Kemudian Zoro kembali berkata pada Kuina kalau dia tidak boleh bicara seperti itu dan berjanji agar terus bertanding sampai siapa di antara mereka berdua yang menjadi pendekar pedang terkuat.
Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuina ingin ingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro menangis sambil meminta pedang milik Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya, Wadou Ichimonji, termasuk 21 pedang tertajam di dunia.
Kisah ini muncul pada cerita bagian Morgan pada manga-nya dan muncul secara terpotong pada cerita bagian Kuro pada anime-nya.
Ketika beranjak dewasa, Zoro mulai meninggalkan tempat tinggalnya dan mencari orang yang dikabarkan sebagai pendekar pedang terhebat di dunia, Juraquille Mihawk salah seorang anggota Shichibukai.
Zoro mengarungi lautan dan untuk bertahan hidup, dia memperoleh uang dari hasil memburu bajak laut yang berada di daftar buruan pemerintah. Pada saat inilah Zoro bertemu dua orang pemburu hadiah kecil bernama Johnny dan Yosaku. Mereka bekerjasama dengan Zoro sebentar. Nama Zoro juga menyebar sampai ke telinga Baroque Works dan mereka mengirim agen (Mr.7) untuk meminta agar Zoro bergabung. Zoro setuju untuk bergabung asalkan ia dijadikan sebagai pimpinan Baroque Works, namun Mr. 7 menolak sehingga terjadi pertempuran antara keduanya; yang kemudian dimenangkan oleh Zoro.
Poster buronan Zoro
Zoro kemudian ditangkap angkatan laut karena membunuh serigala milik Helmeppo (Soro), putra kapten Angkatan Laut Morgan.
Nama Zoro sang pemburu perompak sangat terkenal di East Blue, bajak laut besar mengenalinya seperti Buggy, Arlong dan Krieg.

Zoro si Bajak Laut

 Zoro diselamatkan oleh Luffy ketika akan dieksekusi oleh Morgan. Zoro akhirnya bergabung dengan Luffy yang semenjak pertama memaksa Zoro agar bergabung. Zoro adalah andalan kedua keompok bajak laut topi jerami setelah Luffy. Zoro berkedudukan sebagai pendekar pedang. Berkat bergabung dengan Luffy, Zoro akhirnya bisa menemukan Mihawk dan bertarung dengannya meskipun kalah. Sebagai bajak laut, Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60 juta berry karena telah mengalahkan Dazz Bones si pembunuh besar dan 100 orang pemburu hadiah di pulau kaktus Whiskey Peak. Dan dengan julukan seperti sebelumnya, Zoro si pemburu perompak.

Kisah Penyelamatan Robin


Setelah berhasil mengalahkan KaptenT-Bone di Puffing Tom, bersama anggota lain, dia menuju Enies Lobby. Ketika memasuki Enies Lobby, Zoro bertarung dengan para penjaga sampai akhirnya tugas itu diserahkan pada Pauly dan anggota Galley-La lain. Di Gedung Pengadilan, dia menghabisi seluruh penjaga dan tersesat di situ (pada akhirnya dia berhasil pergi ke atap) dan berkumpul bersama anggota lain. Setelah mendengar permintaan dari Robin, Zoro menjadi semangat untuk bertarung dan memasang wajah seram, setelah sampai di Menara Pengadilan, Zoro berhadapan dengan Kaku, Zoro menggunakan beberapa jurus baru dan kewalahan menghadapi wujud Jerapah Kaku, pada akhirnya, Zoro mengeluarkan sosok "Iblis" dalam jiwanya, dan menggunakan jurus Asura dan berhasil mengalahkan Kaku.
Zoro dan Sanji menyaksikan pembebasan Nico Robin dan permulaan dari Buster Call dari Menara kemudian beserta Usopp, mereka lari ke jalan bawah laut untuk menemui sisa anggota mereka, tetapi di tengah jalan, air menyerbu jalan itu dan mereka tenggelam.

Setelah diselamatkan oleh Nenek Kokoro, Zoro menolak untuk membantu Luffy bertarung melawan Lucci, dan memilih untuk menunggunya selesai bertarung di kapal evakuasi. Dia dan yang lain kemudian bertarung melawan 200 Kapten dari angkatan laut, di sini, Zoro bertarung melawan Shuu yang memiliki kekuatan buah iblis Sabi Sabi yang mengkaratkan senjata Zoro Yubashiri. Setelah Luffy berhasil menang, mereka berusaha untuk kabur dari Enies Lobby dengan Going Merry yang tiba-tiba muncul. Zoro dan yang lain kini sedang menyaksikan upacara pemakaman Going Merry, di sini dia tidak berkomentar apa-apa walaupun Usopp yang disampingnya sedang menangis.Setelah kejadian di Enies Lobby nilai buruanZoro meningkat drastis menjadi 120 juta berry.
Di Thriller Bark, Zoro mengalahkan Ryuuma(zombie samurai legendaris yang diciptakan Moria) dan merebut pedang Shuushui sebagai pengganti pedang Yubashiri yang patah. Zoro membantu rekan-rekannya menundukkan OZ. Setelah OZ dan Moria tunduk, kemudian muncul Shichibukai lain yaitu Bartholomew Kuma. Zoro menantang Kuma demi melindungi Luffy dan rekan lainnya. Kuma kemudian memindahkan seluruh luka dan rasa lelah Luffy pada tubuh Zoro sehingga Zoro terluka paling parah di antara anggota Kelompok Topi Jerami lainnya.
Di Shabaudy Archipelago, Zoro diteleport oleh Kuma ke pulau Kuraigana dan bertemu dengan Perona.

Belajar Kepada Mihawk

 Di pulau Kuragaina, Zoro juga bertemu dengan Perona yang kemudian merawat luka Zoro. Pulau Kuragaina merupakan reruntuhan kaerajaan Shikkeru. Dahulu di kerajaan ini terjadi perang saudara yang sangat menakutkan. Di pulau ini juga terdapat sejenis babon yang mampu meniru perilaku manusia. Babon ini mampu meniru perilaku penduduk Shikkeru yang pandai memainkan pedang, akibatnya babon ini pun menjadi ahli pedang. Zoro pun diserang kawanan babon ini. Selain itu pulau ini juga merupakan kediaman pribadi Mihawk, Mihawk kemudian memberi perahu pada Zoro untukberlayar kembali ke Pulau Shabaody tapi perahu itu dirusak oleh para babon. Zoro yang terluka parah kemudian meminta Mihawk untuk mengajarinya bermain pedang karena mengira kekutannya belum sebanding dengan Mihawk walaupun berhasil mengalahkan para Babon. Mihawk yang kemudian mengajari Zoro bermain pedang yang lebih baik. 2 tahun kemudian zoro kembali ke Shabaudy Archipelago. di sana Zoro memperlihatkan kekuatannya selama latihan dengan Mihawk dengan membelah sebuah kapal galeon dengan sekali tebasan.

Keahlian dan Kekuatan

 Zoro adalah pendekar pedang yang berbakat, dapat menggunakan satu, dua, atau tiga pedang dengan cekatan. Karena dia tidak punya "tangan ketiga", Zoro menggunakan mulut untuk membawa pedang ketiganya. Membuatnya menciptakan seni berpedangnya sendiri, santoryuu (seni tiga pedang). Zoro punya kekuatan dan kecepatan yang luar biasa, terlihat seperti di cerita dia dapat membelah gerbong kereta api, mengangkat bongkahan batu besar dan meletakkan di kedua tangannya atau mengangkat tubuh Dalton. Zoro juga punya stamina yang sangat abnormal, dalam setiap pertempuran, Zoro kehilangan terlalu banyak darah dan masih sanggup bertempur dalam waktu yang lama. Mungkin ini disebabkan oleh kutukan pedang Zoro Sandai Kitetsu

Senjata

 

 Zoro adalah pendekar pedang, karena itu bagi Zoro pedang adalah harta karunnya, harta yang tidak ternilai. Pedang-pedang yang dipakai Zoro adalah sebagai berikut :
  • Wadou Ichimonji (berasal dari Kuina)
  • Sandai Kitetsu (berasal dari Ippon-Matsu)
  • O-Wazamono Shuushui (berasal dari samurai Ryuuma)


 Pedang lain yang pernah dipakai Zoro :
  • Yubashiri (dikaratkan oleh Shuu)
  • Katana 2x ( dihancurkan oleh Mihawk )
  • Pedang Yosaku dan Johhny ( dikembalikan )

Jurus

 Ilmu berpedang kyuutouryuu adalah teknik ilusi sembilan pedang


  • Ashura Ichibugin (kabut perak) Zoro berubah menjadi seperti Dewa Ashura (memiliki 3 tangan) dan seakan-akan mengendalikan sembilan pedang (tiga ditangan kanan, tiga ditangan kiri dan tiga dimulut). Memiliki daya rusak yang dahsyat. Digunakan pertama kali saat melawan Kaku CP9.
Ilmu berpedang santoryuu adalah ilmu berpedang menggunakan tiga pedang, ciri khas Zoro

  • Oni Giri (pembasmi iblis) Zoro menyilangkan dua pedang di depan dadanya dan bergerak maju dengan cepat, pedang yang dimulut yang akan memberi kerusakan besar. Oni Giri jika dibaca bersamaan menjadi onigiri yaitu nasi kepal ciri khas Jepang. Digunakan pertama kali melawan Cabaji.
  • Tora Gari (pemburu harimau) Zoro memegang pedangnya sejajar dengan mulut dan mengayunkannya kebawah. Digunakan pertama kali ketika melawan kucing bersaudara, Buchi dan Sham.
  • Santoryuu Ougi:San-Zen-Se-Kai (Seluk beluk rahasia tiga pedang:3000 dunia) Zoro memegang pedang dan menyatukan keduanya lalu memutarkannya dengan cepat. Zoro kemudian menyerbu musuh dengan sangat cepat dalam posisi seperti ini. Banyak yang bilang jika jurus ini adalah jurus terkuat Zoro, menilik dari kata "Ougi".Jurus ini dipakai dua kali, yang pertama sewaktu melawan Mihawk, dan yang kedua saat melawan OZ.
  • Tourou Nagashi (Darah Serigala) Sebuah serangan balik. Zoro memutarkan badannya untuk menghindari serangan, kemudian dua pedang yang memblokir menerjang setelah zoro maju kedepan. Jurus ini menjadi salah satu special move Zoro dalam video game. Digunakan pertama melawan Hachi.
  • Tatsu Maki (Putaran angin naga) Zoro berputar dengan pedangnya mengakibatkan angin keluar ke atas seperti naga. Pertama digunakan melawan Hachi. Luka yang diakibatkan tidak dalam kecuali jika korban serangan bergerak.
  • Yaki Oni Giri (api pembasmi iblis) Sama seperti Oni Giri, tetapi kali ini pedang Zoro terbakar, pertama kali digunakan dalam cerita Little Garden.
  • Ushi Bari (serudukan banteng) Zoro mengarahkan pedang ditangannya ke lawan dan membentuk seperti banteng, kemudian menusukkan pedang ke musuh berkali-kali di akhiri serangan pedang di mulut. Pertama digunakan melawan Dazz Bones atau Mr.1
  • Gazami Dori (capit kepiting) Semua pedang Zoro diarahkan paralel dan mengarahkan ke musuh seperti akan memenggal kepala. Digunakan ketika melawan Mr.1
  • Hyaku Hachi Pound Hou (Meriam 108 pound) sama seperti 36 pound hou kali ini menggunakan 3 pedang. Digunakan ketika melawan Ohm sang pendeta.
  • Karasuma Gari (Pemburu Gagak) Zoro melompat dan memilah-milah target dengan cepat. Digunakan ketika diserang puluhan meriam. Walaupun termasuk "pembelah besi", serangan ini bukan Iai. Digunakan saat melawan keluarga Franky.
  • Gyuuki Yuzume (Cakar maut sapi iblis) Zoro mengarahkan pedangnya ke musuh dan menerjang dengan kuat, digunakan ketika melawan kapten T-Bone. Serangan ini menggambarkan Sapi Iblis.
  • Enbima Yonezu Onigiri (Tebasan Iblis Cantik) Sama seperti oni giri, tapi saat Zoro menggunakan jurus ini, pedangnya seperti berkelok-kelok, dan menciptakan bayangan iblis di sekitarnya. Efek dari bengkoknya pedang yaitu kerusakan yang lebih besar terhadap musuh dan jangkauan serangnya lebih luas.
  • Yasha Garashu (cakar gagak iblis) Zoro dengan cepat menyerang target digunakan ketika untuk melawan oz serangan ini menggambarkan gagak iblis.
  • Ilmu berpedang nitouryuu adalah ilmu berpedang menggunakan dua pedang.
  • Nigori Zake (tikaman kekuatan 2 lengan) Zoro mengencangkan otot lengannya dan dengan kekuatan luar biasa melepaskan dorongan keras. Digunakan saat melawan Kaku dari CP9.
  • Taka Nami (gelombang elang) ketika sedang di udara, Zoro menciptakan serangan angin lewat kedua pedangnya. Digunakan pertama kali saat melawan Hachi.
  • Sai Kuru (Cycle/Serbuan badak) zoro memegang dua pedangnya mengarahkan ke atas dan berputar. Hampir sama dengan Tatsu Maki. Digunakan saat melawan keluarga Franky.
  • Nitouryuu Iai: Rashoumon (Ilmu menghunus dua pedang: Rashoumon) Zoro menghunus pedangnya (ilmu Iai) dan membelah benda besar didepannya. Digunakan ketika membelah gerbong Puffing Tom.
Ilmu berpedang ittouryuu adalah ilmu berpedang menggunakan satu pedang.

  • Ittouryuu Iai: Shishi Sonson (Ilmu menghunus satu pedang: Nyanyian Singa) Satu pedang Zoro diputarbaikkan dan Zoro dengan cepat menghunus pedangnya dan menyerang kemudian mengembalikannya. Digunakan ketika mengalahkan Dazz Bones.
  • 36 Pound Cannon(Meriam 36 Pound) Zoro "menyerang" udara sehingga udara akan berbalik dan menyerang musuh.
Ilmu mutouryuu adalah ilmu berpedang tanpa pedang, hanya digunakan pada Davy Back Fight ketika ronde Groggy Ring dimana dia tidak boleh memakai senjata.
  • Tatsu Maki (putaran angin naga) sama seperti tatsu maki normal, hanya kali ini tanpa pedang, digunakan untuk melawan Big Pan.
Ilmu 9 pedang(Kyutoryu) adalah ilmu berpedang zoro yang menggunakan iblis dalam dirinya dan membuat bayangan hingga menjadi 9 pedang.
  • Kiki-Kyutoryu-Asura ilmu yang digunakan untuk perubahan tahap dari santoryu menjadi kyutoryu
  • Asura Ichibugin teknik pertama yang digunakan zoro dalam tahap kyutoryu,zoro memegang kesembilan pedang,lompat menuju lawan dan menebas lawan secara bersamaan dengan kesembilan pedang tersebut.
  • Asura Makyuusen zoro menebas lawan dengan kesembilan pedang dengan berputar sehingga membentuk seperti lingkaran.
Ilmu combo Zoro dimana Zoro menyerang bersama dengan temannya
  • Maki Whip Shoot (tendangan cambuk putaran angin) Zoro mengeluarkan Tatsu Maki, Luffy dengan gomu gomu no whip dan sanji dengan epaule shoot menyerang secara bersamaan dan menjatuhkan benda/monster raksasa. Digunakan ketika menghabisi kadal shandora.
  • Armee De L'Air: Power Shoot (angkatan udara: Power Shoot) Zoro meloncat ke kaki sanji, dan Sanji menendang ke depan dengan keras sehingga Zoro menghantam musuh dengan amat keras. Digunakan ketika mengakhiri Groggy Ring.
  • Gomu Gomu no 300 Pound Cannon (gomu gomu meriam 300 pound) Luffy mengeluarkan Gomu gomu no cannon dan Zoro mengeluarkan 108 pound cannon secara bersamaan untuk menghantam benda besar seperti gelombang Aqua Laguna.